Bagaimana Ciri-ciri Surat Yang Baik?


Surat merupakan sarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lain. Isi dari surat sendiri dapat berupa sebuah informasi atau dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, sikap dan sebagainya. Untuk mengetahui lebih jelas tentang pengertian surat dan apa manfaat surat silahkan baca artikel selengkapnya Apa itu Surat?.  Dalam membuat surat terutama surat dinas atau surat resmi kita juga harus memperhatikan tentang penggunaan kalimat. Kalimat yang digunakan dalam membuat kalimat terutama surat dinas harus menggunakan kalimat baku, silahkan mempelajari cara menggunakan kalimat baku dan tidak baku pada surat dinas atau surat resmi.

Membuat Surat Glabet - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana ciri-ciri surat yang baik. Surat  yang baik apabila memenuhi beberapa kriteria seperti yang akan kami bahas dibawah ini. Baik surat dinas atau surat resmi maupun surat pribadi harus dibuat dengan baik dengan tujuan agar penerima surat tidak bingung dengan maksud dan tujuan surat yang kita kirim. Suatu surat dapat dikatakan surat yang baik, bila surat itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Ciri-Ciri Surat Yang Baik

1. Surat itu Jelas Maksudnya dan Tujuannya
Surat yang diterima penerima dapat dengan mudah dipahami pembaca, maka surat itu sudah memenuhi salah satu ciri surat yang baik. Mudah dipahami, dalam artian, sekali penerima surat membaca sudah dapat memahami maksud dan tujuan surat. Apa yang dipahami pembaca sama dengan apa yang dimaksudkan penulis. Di samping itu, tidak ada bagian yang meragukan sehingga pembaca dapat segera memberikan tanggapan. Ada baiknya sebelum menulis sebuah surat, kita membuat konsep surat pada kertas buram jika penulisan surat menggunakan tulisan tangan, hal ini bertujuan juga untuk mengurangi resiko kesalahan penulisan.

2. Surat Terlihat Bersih dan Rapi
Bagian - bagian surat diletakkan pada tempat yang tepat serta ditulis dengan susunan yang tepat dan rapi. Dalam artian surat yang dibuat tersebut sudah menggunakan bentuk-bentuk surat yang berlaku secara umum. Keseluruhan isi surat berada secara penuh di dalam halaman surat; dalam arti, tidak ada bagian yang padat sementara bagian yang lain kosong. Penulisannya kelihatan rapi, bagian yang kosong di bawah sama dengan bagian yang kosong di atas. Apabila ketika membuat surat menggunakan komputer maka akan dengan mudah dapat mengeditnya, namun apabila ditulis tangan, pembuatan konsep sangat direkomendasikan.

3. Penggunakan Bahasa Yang Baik dan Benar pada surat
Ketika membuat surat, kita harus dapat memilih dan menggunakan pilihan kata, ungkapan, kalimat yang benar sesuai dengan aturan yang berlaku dan surat itu menggunakan ejaan yang tepat pula. Nama sapaan dipilih yang sesuai dengan penerima surat. Apabila menulis surat pribadi gunakan bahasa yang kita gunakan sehari-hari dengan baik dan sopan. Gunakan kalimat sesuai dengan bahasa yang orang yang akan menggunakan kalimat, misalnya, kalian menggunakan bahasa daerah jawa untuk menulis surat dan dikirim kepada teman yang berasal dari Sulawesi dan tidak begitu memahami bahasa Jawa. Hal ini akan membingunkan si penerima surat ketika membaca surat yang kalian kirim.

4. Surat itu memperlihatkan kepribadian yang baik
Kami  membaca buku pada perpustakaan sekolah  yang berjudul "Terampil Menulis Surat"  Surat memperlihatkan kepribadian orang yang membuat surat. Cara penulis membuat surat sebetulnya menyampaikan gagasan di dalam surat penuh dengan sikap wajar, tidak bergaya sombong dan berkesan menggurui pembaca; juga tidak terlalu merendah-rendahkan diri. Kepribadian yang baik akan terlihat melalui pilihan kata.  

5 Surat itu ditulis dengan akurat dan singkat.
Surat dikatan tidak baik apabila di dalam menulis surat banyak hal yang salah tulis. Nama orang yang mestinya Cheryl tertulis Cherli. Nama jalan yang mestinya Tegal Dlimo tertulis Tegal Delima, nomor rumah mestinya 1 13 tertulis 131. Kesalahan semacam ini dapat disebut dengan penulisan yang tidak akurat atau tidak tepat.

Kita perlu belajar, semua orang yang pintar dan lihadi dalam hal surat menyurat dulunya juga belajar dari 0, membuat surat yang baik, semuanya harus ditulis dengan teliti tanpa ada kesalahan. Surat yang balk adalah surat yang singkat. Surat yang singkat dikatakan baik karena tidak menyita waktu yang banyak untuk membacanya. Surat yang ditulis panjang lebar belum tentu menjadi lebih jelas; bahkan lebih Bering terjadi surat yang panjang justru tidak dapat dipahami pembaca.

Itulah beberapa ciri surat yang baik yang mestinya harus diperhatikan di dalam menulis surat, baik itu surat pribadi maupun surat resmi. Bila surat yang ditulis memenuhi kriteria sebagai surat yang baik, dengan sendirinya akan mendapat kesan yang balk bagi pembaca. Pembaca akan menilai bahwa penulis adalah seorang yang telaten, rapi, clan cerclas. Tetapi sebaliknya, kalau surat yang dikirim tidak memenuhi kriteria sebagai surat yang baik, tentu Baja pembaca akan mendapat kesan yang buruk terhadap si pengirim surat. Penulis atau pengirim dinilai oleh pembaca tidak serius
Ciri-Ciri Surat Yang Baik
Ciri-Ciri Surat Yang Baik

Ciri Surat Yang Baik

terhadap apa yang disampaikan dalam surat tersebut. Di samping itu, bila surat yang tidak rapi dan menarik itu merupakan surat permohonan, tentu permohonan itu akan ditolak. Mang ada orang yang mau menerima orang yang tidak rapi dan tidak telaten untuk dipekerjakan di kantornya. Apa pula ciri surat yang tidak baik? Ciri surat yang tidak baik, pads umumnya merupakan kebalikan dari ciri surat yang baik. Secara lebih rinci, ciri surat yang tidak baik itu adalah sebagai berikut.
  1. Susunan surat kacau-balau.
  2. Kalimat-kalimatnya tidak lengkap dan terpotong-potong.
  3. Isi dan maksud surat tidak jelas, gagasannya kabur dan bertele-tele.
  4. Tidak mengindahkan tatabahasa dan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan.
  5. Sering menggunakan kata atau kalimat yang tidak fungsional.
  6. Ketika tidak rapi, banyak kesalahan, dan kotor.
  7. Bentuk atau susunan bagian surat tidak mengindahkan aturan yang umum berlaku.
  8. Tidak akurat dalam menuliskan nama orang, Hama jalan, dan nama kota, dan salah dalam menuliskan angka-angka.
  9. Surat itu panjang dan melebihi satu halaman, padahal surat tersebut mungkin dapat disusun dalam satu halaman saja.

Apabila membuat surat kurang benar maka sifat-sifat ini terlihat dalam isi surat, surat tersebut dapat disebut surat yang tidak baik. Ada kemungkinan jika pembaca tidak memhami maksud dan tujuan si penulis maka kesan pembaca terhadap penulisnya juga'tidak baik. Surat yang dibuat penulis surat merupakan perwakilan atau pengganti diri penulisnya. Olehkarena itu kita membutuhkan ketelitian dan keterampilan dalam membuat surat.

Semoga artikel tentang Ciri-Ciri Surat Yang Baik dapat memberikan wawasan dan tambahan ilmu pengetahuan, serta dapat digunakan sebagai referensi membuat dan mengerjakan tugas.

Comments