Pengertian Surat Pengantar dan Contoh Surat Pengantar

Pengalaman berharga adalah kejadian yang kita alami dan dapat digunakan sebagai pelajaran yang bermanfaat bagi kita sendiri dan orang lain. Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang surat pengantar. Ketika akan membuat atau menambahkan anggota pada KK (kartu keluarga) kita harus mengurus persyaratan mulai dari surat pengantar dan lain-lain. Berbicara surat pengantar, kita harus membuat dari perangkat yang ada diwilayah tersebut mulai dari bagian bawah, surat pengantar RT kemudian baru dibawa kekantor Desa setempat untuk diteruskan ke kantor Kecamatan bari di Dinas Kependudukan.
Nah, apa itu surat Pengantar?

Pengertian Surat Pengantar dan Contoh Surat Pengantar

Pengertian Surat Pengantar

Sebelum memahami pengertian surat pengantar tentu kalian harus tahu pengertian surat, kami juga memiliki banyak arsip  tentang contoh surat pribadi dan contohnya, tidak hanya itu kami juga memiliki contoh surat resmi dan pengertiannya. Surat Pengantar adalah surat yang dibuat dan dialamatkan  kepada seseorang atau pejabat yang berguna untuk mengantarkan surat, dokumen, barang, dan lain sebagainya. Dalam pembuatannya Surat pengantar dapat dibuat seperti surat dinas biasa dan dapat pula dibuat dengan memberikan kolom.

Bagian-bagian surat Pengantar 

Karena pembuatan surat pengantar bersifat resmi maka bagian-bagian surat pengantar antara lain
a. kepala surat
b. pembuka surat yang terdiri dari :  kata surat Pengantar,  nomor dan,  tujuan surat,
c. isi surat dan
d. penutup surat

Cara Membuat Surat Pengantar :

Apabila kalian bekerja sebagai tenaga administrasi yang berhubungan dengan surat-menyurat tentu sudah tidak asing lagi dengan surat pengantar. Pada dasarnya pembuatan Surat Pengantar yang hamper sama dengan membuat surat dinas biasa, pembuatannya dibuat dengan ketentuan sama dengan cara membuat surat dinas.   Sedangkan surat pengantar yang berbentuk kolom dengan ketentuan sebagai berikut ; Penulisan Kata Surat Pengantar diketik di bawah dan simiris dengan garis bawah Kop  surat, ditulis menggunakan huruf capital, kemudian Kata Nomor diketik di bawah Kata Surat Pengantar; penulisan alamat yang dituju atau tujuan surat pengantar,  didahului dengan menggunakan kata Yang terhormat, yang disingkat Yth, diketik di bawah nomor diikuti nama jabatan dan alamat lengkap yang dituju tanpa didahului kata depan di pada nama tempat tujuan.

Membuat Surat Pengantar pada bagian Isi, bentuknya dibuat dengan ketentuan sama seperti kalau membuat surat dinas, Namun pada surat pengantar yang berbentuk kolom, pada kolom tersebut terdiri atas : nomor urut, isi surat/barang, jumlah dan keterangan dengan garis kolom diketik di bawah tujuan surat dan sejajar dengan singkatan Yth.

Bagian penutup pada  surat pengantar karena termasuk jenis surat resmi ada beberapa point  penting yang perlu diperhatikan karena surat pengantar dalam pembuatannya dengan ketentuan sama dengan kalau membuat surat dinas,sedangkan surat pengantar yang berbentuk kolom penutupnya terdiri atas :

  1. tanggal surat 
  2. nama jabatan penanda tangan 
  3. nama pejabat penanda tangan 
  4. tanda tangan 
  5. NIP 
  6. cap dinas
  7. tembusan apabila ada
  8. Penulisan Tanggal surat pengantar yang berbentuk kolom diketik dikanan bawah di bawah garis kolom, tanpa nama tempat pembuatannya.
  9. Penulisan Nama jabatan penanda tangan diketik sejajar dengan tanggal menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata.
  10. Penulisan  Nama pejabat, tanda tangan, NIP, cap dinas dan tembusan dibuat dengan ketentuan sama dengan kalau membuat surat dinas biasa.


Penting untuk kalian pahami tentang penggunaan kalimat baku dan tidak baku untuk membuat surat pengantar, dalam membuat surat pengantar harus menggunakan kalimat baku.

Contoh surat pengantar 

Pembuatan Surat pengantar sering dimanfaatkan untuk  salah satu alat berkomunikasi untuk menjalin kerja sama atau sebagai pengenalan diri antara lembaga dengan sebuah lembaga, organisasi, yayasan atau institusi serta komunitas tertentu dalam memperluas jaringan. Pembuatan surat pengantar digunakan oleh sebuah instansi atau lembaga untuk menjelaskan maksud dari dibuatnya surat pengantar. Suatu cobtoh seperti surat pengantar keterangan membuat atau memperbaiki karti identitas, baik  KK atau KTP, surat pengantar tidak mampu yang dibuat oleh desa atau kelurahan atau kecamatan yang menjelaskan bahwa masyarakat sekitar lingkungan tersebut merupakan keluarga-keluarga kurang mampu.

Fungsi dan manfaat lain surat pengantar juga merupakan surat yang digunakan sebagai salah satu bentuk penjelas yang menunjukan secara tertulis tentang hal yang dimaksudkan dalam suatu surat pengantar tersebut. Contoh yang kami maksud dapat berupa surat pengatar untuk membuat surat keterangan SKCK dari  desa dibawa ke kapolsek, surat pengantar keterangan membuat domisili dari RT RW, surat pengantar kematian, surat pengantar penerbitan, dsb.

Surat pengantar yang baik adalah surat yang dibuat dengan bahasa Indonesia yang benar dan juga jelas. Surat pengantar tergolong salah satu surat dinas atau resmi, oleh karena itu harus diberi  tanda tangan serta stampel dari suatu lembaga/institusi adapula dengan materai. 
Pengertian Surat Pengantar dan Contoh Surat Pengantar
Pengertian Surat Pengantar dan Contoh Surat Pengantar
Surat pengantar sebagai mana yang difungsikan sebagai salah satu surat resmi yang berisikan pengantar atau pendahulu dalam menjalin kerja sama juga meminta bantuan kerja sama serta sebagai keterangan yang dijelaskan dalam bentuk tulisan pada suatu kegiatan atau keadaan, memiliki susunan surat yang hampir sama seperti surat resmi pada umumnya contoh surat penawaran barang dan surat pengunduran diri.

Susunan surat pengantar

Surat pengantar resmi memiliki susunan surat terdiri dari:
Kepala Surat
Isi surat
Penutup surat atau bagain akhir surat
Sedangkan pada kepala surat terdiri dari:
Kop surat
No
Pejabat / alamat yang dituju
Tulisan surat pengantar ditengah-tengah lembar isi surat
Pada bagian isi surat terdapat:

  • Kolom no urut
  • Kolam lampiran
  • Kolom perihal yang dimaksud
  • Kolom keterangan isi surat

Sedangkan pada bagian akhir surat terdiri dari:

  • Nama tempat
  • Tanggal bulan dan tahun
  • Nama jabatan pembuat surat pengantar
  • Tanda tangan
  • Nama pangkat dan NIP
  • Stempel institusi/lembaga
  • Penerimaan atau tembusan

Contoh-contoh surat pengantar
Berikut adalah  contoh surat pengantar.
 
Surat pengantar pembuatan KTP

RUKUN TETANGGA 002 RUKUN WARGA 023
PONDOK UNGU PERMAI KALIABANG TENGAH BEKASI UTARA
==================================================================== 

SURAT PENGANTAR
No. : 067/RT.02/X/2016


Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua RT 02 RW 05 Dusun Krajan Desa Tamanagung dengan ini menerangkan bahwa :
            Nama                          : Risma Yati
            Tempat tanggal lahir     : Jakarta, 11 Maret 1999
            Agama                         : Islam
            Kewarganegaraan        : WNI
            Status perkawinan        : Belum nikah
            Alamat tempat tinggal   : Pondok Ungu Permai Blok JJ12 No 10 Kaliabang Tengah Bekasi Utara
Nama yang tertera diatas adalah benar warga kami yang beralamat tersebut diatas dan bermaksud membuat : kartu tanda penduduk (KTP).

Demikian surat pengantar ini kami buat dengan sebenarnya untuk dipergunakan seperlunya.

Bekasi, 18 Oktober 2016


Ketua RW 023                                                                                       Ketua RT 002

ttd & stamp                                                                                          ttd & stamp

(Rudi Jaya)                                                                                           (Dimas Odi)

Tembusan :
Arsip RT (lembar pink)
Arsip rw (lembar kuning)
Arsip kelurahan (lembar putih)

Semoga artikel tentang surat pengantar dan contoh surat pengantar dapat menambah wawasan dan informasi tetang surat menyurat, selalu kunjungi blog termapil menulis surat untuk memperoleh banyak informasi tekait tentang surat

Comments