Cara Backup Aplikasi Arkas 3.0 Secara Online

Cara Backup Aplikasi Arkas 3.0 Secara Online

Pada posting artikel kali ini Blog Sobat OPS akan berbagi tips dan tutorial tentang aplikasi arkas yaitu tentang Cara Backup Aplikasi Arkas 3.0 Secara Online. Untuk mengamankan data atau berjaga-jaga apabila Laptop atau Komputer yang kita gunakan tiba-tiba rusak atau mati total.

Kita tidak tahu pasti kapan? laptop atau komputer yang kita gunakan untuk menginstal aplikasi arkas rusak atau mati total. Entah kondisi baru atau lama kalau mau rusak ya rusak. Dan pastinya ini akan menambah pekerjaan kita.

Apabila memiliki backup database aplikasi arkas, dan tiba-tiba laptop atau komputer yang kita gunakan tiba-tiba mati total atau tidak dapat digunakan kita masih dapat menggunakan laptop atau komputer baru. Karena kita masih memiliki backup databasenya.

Tujuan Backup Aplikasi Arkas Online.

Namun, perlu teman-teman ketahui alangkah baiknya apabila kita menyimpan data secara online. Jadi, ketika laptop atau komputer tidak dapat digunakan dan ternyata yang rusak adalah hardisk data kita masih selamat. 

Cara kerja aplikasi arkas berbeda dengan aplikasi dapodik, pada aplikasi dapodik kita memiliki kesempatan menyimpan data secara online lewat prefill. Jadi kalau kita ganti laptop kita tinggal registrasi baik secara online atau offline kita masih memiliki simpanan data.

Sedangkan pada aplikasi arkas apabila laptop atau komputer rusak dan kita tidak memiliki backup databasenya maka tamat sudah. Kita harus input lagi dari awal.

Cara Backup Aplikasi Arkas 3.0 Secara Online

Pada inti pembahasan ini untuk penyimpanan online yang digunakan adalah memanfaatkan google drive. Dimana ketika kita memiliki akun google kita mendapatkan fasilitas penyimpanan online kurang lebih 15 Gigabyte dan ini cukup untuk menyimpan data-data penting.

Untuk langkah-langkah atau cara bakcup aplikasi arkas secara online adalah sebagai berikut:

1. Pertama silahkan buka akun google drive.

2. Pilih menu Driver saya.

3. Pilih Upload File

4. Tentukan letak penyimpanan aplikasi arkas.

Klik tombol start atau pencarian %appdata% pilih folder ArtTech, pilih folder Arkas, silahkan pilih RKAS DataClient 2021.

5. Pastikan data selesai di upload.

Tips ketika mengikuti Cara Backup Aplikasi Arkas 3.0 Secara Online silahkan buat folder sendiri untuk menyimpan Backup data Aplikasi Arkas. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam pencarian data apabila data tersebut dibutuhkan.


Video Tutorial Cara Backup Aplikasi Arkas 3.0 Secara Online

Berikut ini saya lampirkan video tutorial yang saya buat untuk membantu memahami penjelasan artikel tentang backup arkas 3.0 secara online.



Jangan lupa subscribe channel sobat ops dan klik tombol loncengnya agar selalu mendapat pemberitahuan apabila kami update video tutorial terbaru.

Semoga artikel dan video tutorial tentang Cara Backup Aplikasi Arkas 3.0 Secara Online dapat bermanfaat.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top