Cara Menggunakan Komputer

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan laptop, namun jika Anda baru memulai, itu mungkin tampak cukup menakutkan. Untungnya, sistem komputer menjadi tidak terlalu rumit selama bertahun-tahun, yang berarti Anda tidak ingin menjadi ahli teknologi untuk mempelajari cara Anda di sekitar PC atau Mac. Dari memasukkan laptop baru Anda hingga menjelajahi internet dengan aman dan menginstal aplikasi favorit Anda, wikiHow ini mengajarkan Anda dasar-dasar penggunaan laptop Windows atau macOS.

  • Siapkan pc Anda. Jika Anda sedang menyiapkan komputer komputer baru, ada beberapa langkah yang mungkin perlu Anda jalani lebih awal daripada Anda dapat memulai penggunaannya. Setelah menemukan area yang dekat dengan meja Anda untuk menempatkan menara, Anda harus memasang layar, keyboard, dan mouse, serta mencolokkan menara ke dalam pasokan energi.

    • Ini adalah hal-hal paling efektif yang diperlukan untuk dihubungkan ke komputer dengan cara yang baik untuk menggunakannya. Anda dapat mengunggah periferal dan add-on tambahan nanti.
    • Jika Anda menggunakan komputer baru, Anda mungkin memiliki lebih sedikit pengaturan secara drastis. Colokkan pc Anda langsung ke catu daya untuk memastikan bahwa itu jauh, lalu tekan tombol listrik untuk menampilkannya.
  • Buat akun. Jika ini pertama kalinya Anda menyalakan pc canggih, Anda biasanya akan diminta untuk membuat akun. Akun ini akan menyimpan semua file, gambar, file yang diunduh, dan beberapa dokumen lain yang Anda buat.

    • Saat mengembangkan segala bentuk akun, Anda mungkin perlu memberi Anda kata sandi yang kuat untuk melindungi fakta pribadi Anda. Bahkan jika Anda adalah orang yang paling berguna yang mungkin menggunakan komputer, Anda tetap ingin melindunginya dengan kata sandi untuk menyelamatkan Anda peretas dan pencuri dari mengakses catatan Anda.
    • Jika Anda tidak diminta untuk membuat akun baru, Anda mungkin sudah mendapatkan akun di laptop. Jika komputer berada di tempat kerja atau sekolah Anda, Anda biasanya akan diberi nama pengguna dan kata sandi oleh administrator Anda. Hubungi lukisan atau departemen TI sekolah Anda untuk menemukan nama pengguna dan kata sandi mana yang harus Anda gunakan.

    Iklan

  • Kenali desktop. Komputer adalah lukisan utama di sekitar laptop Anda. Desktop Anda tampaknya setiap kali Anda masuk ke akun Anda, dan berisi ikon dan pintasan pada program dan file Anda. Komputer akan muncul dan menampilkan sebaliknya tergantung pada mesin kerja mana (bersama dengan Windows atau macOS) yang Anda gunakan:

    • Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda mungkin memiliki bilah horizontal di bagian bawah layar — yang disebut sebagai Taskbar, dan di mana Anda mungkin menemukan menu Start Windows (kadang-kadang hanya disebut "menu Windows" atau "menu Start." Ikon ini tampak seperti bendera yang dibuat dari empat kotak kecil, dan akan berada di sudut kiri bawah layar. Klik ikon ini untuk menemukan paket (aplikasi) ke komputer Anda.
    • Windows delapan telah mengganti menu Start dengan layar start display. Ini berfungsi dengan cara yang sama, namun pada dasarnya spesifik di dalam cara ia menunjukkan fakta.
    • Jika Anda memiliki Mac, Anda mungkin melihat bilah horizontal dengan ikon di bagian paling bawah-tengah layar. Ini disebut Dock, dan di sinilah Anda akan menemukan aplikasi, folder, file, dan pintasan singkat Anda. Untuk menemukan aplikasi Anda, klik ikon Launchpad di Dock—ini sepertinya roket di beberapa Mac, dan lebih suka sembilan kotak warna-warni pada yang lain. [1]
    • Juga untuk Mac Anda adalah bar menu, yaitu bar horizontal yang jogging di sepanjang bagian atas layar Anda. Bilah menu adalah tempat Anda dapat menemukan kontrol untuk aplikasi yang saat ini energik, selain menu Apple, yang diwakili melalui ikon Apple. Menu Apple adalah tempat Anda dapat menemukan pengaturan dan alternatif di Mac Anda.
  • Pelajari dasar-dasar mouse dan keyboard. Mouse dan keyboard adalah cara utama Anda untuk berinteraksi bersama dengan laptop Anda. Luangkan waktu sejenak untuk membiasakan diri dengan cara kerjanya dan bagaimana Anda dapat terlibat bersama dengan sistem operasi dan aplikasi Anda.

    • Pelajari cara menggunakan mouse untuk bernavigasi. Mouse Anda memungkinkan navigasi dan kontrol yang tepat, dan sangat penting untuk berbagai jenis aktivitas. Ada berbagai jenis mouse, dan beberapa memiliki tombol yang lebih besar daripada yang lain.
      • Mouse pada PC Windows biasanya memiliki tombol—tombol kiri adalah tombol mouse nomor satu Anda, sedangkan tombol mouse yang tepat biasanya membuka menu dan fungsi. Anda biasanya ingin mengklik dua kali (klik dua kali dengan cepat) untuk membuka file dan folder.
      • Mouse di Mac cenderung hanya memiliki satu tombol. Jika Anda terbiasa dengan penggunaan Windows dan beralih ke Mac, ini bisa jadi sulit, khususnya ketika Anda diberi tahu bahwa Anda perlu "mengklik dengan benar" beberapa hal. Untuk mengklik kanan pada Mac, Anda dapat menekan dan menyimpan tombol Command saat Anda mengklik tombol mouse Anda.
      • Jika Anda menggunakan komputer yang memiliki trackpad (mouse yang dikendalikan jari) daripada mouse terpisah, Anda dapat mengedarkan kursor bulat dengan cara menyeret jari Anda pada pad. Beberapa trackpad memiliki tombol terpisah yang dapat Anda klik, pada saat yang sama karena yang lain tampaknya tidak memiliki tombol dalam hal apa pun. Pada trackpad, Anda biasanya akan mengklik melalui mengetuk dua kali, atau dengan cara yang sangat sulit untuk mengklik pad lengkap dengan satu jari.
  • Buka utilitas. Bahkan jika Anda membuat laptop sendiri, mungkin ada beberapa aplikasi dan utilitas yang sudah diinstal sebelumnya yang dapat Anda gunakan tanpa harus memasukkan sesuatu yang baru. Jika Anda menggunakan Windows, klik menu Start Windows (itu adalah ikon Windows di sudut kiri bawah) untuk menelusuri melalui aplikasi yang akan Anda miliki. Jika Anda menggunakan Mac, klik Launchpad (sembilan kotak warna-warni atau ikon roket) di Dock.

  • Temukan dokumen Anda. Baik Windows maupun macOS memiliki app unik yang dapat Anda gunakan untuk menelusuri, membuka, dan mengelola dokumen Anda. Saat membuka browser laporan, Anda mungkin melihat dokumen dipisahkan ke dalam folder khusus—folder ini memiliki nama yang menjelaskan jenis file secara internal. Misalnya, folder Dokumen Anda adalah tempat Anda biasanya akan menemukan dokumen yang Anda buat di Microsoft Office, Pages, dan aplikasi lainnya, sementara folder Gambar atau Foto berada di mana Anda dapat menemukan pix Anda.

    • Windows: Browser dokumen Windows disebut File Explorer. Anda dapat membukanya dengan menggunakan mengklik ikon folder di Taskbar, atau dengan menekan tombol Windows + E di keyboard.
    • macOS: Browser dokumen Mac dikenal sebagai Finder, dan Anda dapat membukanya dengan cara mengklik ikon wajah tersenyum dua warna di sisi kiri Dock.
  • Instal program pertama Anda. Menginstal program perangkat lunak adalah tantangan yang sepenuhnya umum pada pc, apa pun jenis komputer yang Anda gunakan. Prosedur ini umumnya sangat jujur, karena penginstal maksimum memberikan instruksi yang jelas untuk setiap langkah. Baik Windows dan macOS sekarang memiliki "toko" mereka sendiri yang mudah digunakan yang memudahkan untuk menemukan dan menyebarkan aplikasi dan tidak menggunakan pengalaman komputer sama sekali.

    • Windows: Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat menggunakan Microsoft Store untuk menelusuri dan menginstal semua jenis aplikasi. Beberapa aplikasi longgar, sementara yang lain menghargai uang tunai. Anda akan menemukan Microsoft Store di menu Windows, namun Anda juga dapat membukanya melalui pengetikan toko ke bilah Pencarian dan mengklik Microsoft Store dalam hasil pencarian.
    • macOS: Mac Anda memiliki app yang dikenal sebagai App Store, yang memungkinkan Anda menelusuri, mencari, dan menata app yang longgar dan berbayar. Klik ikon biru dengan "A" putih di Dock untuk membuka App Store.
    • Setelah Anda mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan pc Anda, Anda dapat mulai menginstal aplikasi dari lokasi di luar Microsoft Store dan App Store. Baik Windows dan macOS memiliki aplikasi unik mereka sendiri, dan memasukkan aplikasi tersebut adalah sentuhan yang luar biasa pada setiap perangkat yang berfungsi.
  • Iklan

  • Pilih dokumen dan konten tekstual. Anda dapat menggunakan pintasan mouse atau keyboard untuk memilih file di komputer dan konten tekstual di file dan situs web. Klik dan seret mouse ke seluruh teks yang perlu Anda pilih, atau tekan Ctrl + A (PC) atau Cmd + A (Mac) untuk memilih semua yang ada di area Anda saat ini. Setelah Anda memilih file atau konten tekstual, ada banyak gerakan eksklusif yang dapat Anda ambil.

  • Salin dan tempel. "Menyalin" catatan atau konten tekstual membuat yang asli tetap utuh, bahkan saat membuat salinan ke clipboard laptop Anda. Anda kemudian dapat "Tempel" file atau konten tekstual di tempat lain:

    • Windows: Untuk mereplikasi, tekan Ctrl + C. Untuk menempelkan, tekan Ctrl + V. Anda juga dapat mereplikasi dan menempel dengan bantuan mengklik dengan benar pada pilihan bersama dengan mouse Anda dan memutuskan Salin atau Tempel dari menu.
    • macOS: Salin melalui Cmd + C yang mendesak, dan tempel dengan menggunakan menekan Cmd + V. Anda juga dapat memperbanyak dan menempel melalui klik kanan (atau dengan bantuan mempertahankan Cmd saat Anda mengklik) pilihan bersama dengan mouse Anda dan memutuskan Salin atau Tempel dari menu.
  • Posting Komentar

    © Sobat OPS. All rights reserved. Developed by Jago Desain